Skip to main content

Pengertian Struktur Data dan Algoritma

Heyheyy..
Malam ini, aku mau share pengertian tentang struktur data dan algoritma.
Ini adalah materi mata kuliah ku di jurusan Teknik Informatika semester II kali ini, 
Btw.. kata dosenku kurikulum tahun ini  sungguh aneh wkwk. Kenapa? karena kami disemester pertama sudah belajar tentang matakuliah semester atas. Bahkan ada materi sem.5 yang sudah kami pelajari di sem.1 ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ haha sungguh luar biasaa.

Ceritanya kami belajar Sistem Basis Data di sem.1 dan Sistem Manajemen Basis Data di sem.2, menurut dosen matkul tsb seharusnya Sistem Manajemen Basis Data duluuu baru Sistem Basis Data๐Ÿ˜’ and theeeeeennnn... throwback deh kami ke masa lampau ahahahaa. 

Okedeh view ke bawah aja untuk tau pengertian tentang dua istilah ini yaa๐Ÿ˜Š



Struktur Data
Struktur data adalah suatu pengelolaan data sehingga data dapat dipergunakan secara lebih efisien dan efektif. Dalam bahasa pemrograman, struktur data seringkali ditampakkan secara fisik dalam bentuk tabel (biasanya pada bahasa pemrograman/pengelolaan database berbasis visual), namun pada beberapa bahasa pemrograman yang tidak berbasis visual, strutkur data lebih berupa pengelolaan data dengan aturan-aturan tertentu.

Atau lebih ringkasnya Struktur Data adalah abstraksi model penyimpanan/pengaturan/susunan data di dalam memori/RAM komputer atau koleksi dari suatu variabel yang dapat dinyatakan dengan sebuah nama, dengan sifat setiap variabel dapat memiliki tipe yang berlainan.

Struktur Data biasa dipakai untuk mengelompokkan beberapa informasi yang berkaitan menjadi menjadi sebuah kesatuan.

  • Aspek yang berkaitan dengan Struktur data
1. Nilai data(data value), yaitu numerik atau non numerik
2. Relasi antar Data
3. Prosedur/Fungsi atau operasi pada data

  • Operasi pada Data dapat dibedakan,
1. Operasi Menambahkan (Insert) Data
2. Operasi Menghapus (Delete) Data


Algoritma

“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.


Beda Algoritma dan Program :
Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma.
•Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.


Jadi kesimpulannya PROGRAM= ALGORITMA + BAHASA (Struktur Data)

Penyajian Algoritma



Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar.
•Tulisan : yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode.
•Gambar : misalnya dengan flowchart.



Oke mungkin itu dulu yang bisa nea share ke teman-teman semua ๐Ÿ˜Š
Ini adalah materi dari dosen ku yang dikasih setiap pertemuannya๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘
Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan ajukan dikolom komentar, terimakasih ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Comments

Popular posts from this blog

Opsi layar untuk Infokus atau Proyektor

Salam minggu pagi teman2 semuanya, sekarang ak u mau kasih sedikit info tentang pem bagian opsi layar proyektor. Silahkan disimak ya.. ๐Ÿ˜„ Infokus atau Proyektor merupakan media yang banyak digunakan dalam presentasi atau menyampaikan sebuah materi. dengan menggunakan media ini, penyampai materi atau guru dirasa sangat terbantu karena matero yang disampaikan akan mudah dicerna karena melalui Audio-Visual, cara penggunaannya pun cukup mudah, pemateri atau guru cukup hanya menyiapkan materi presentasi atau slide dalam Laptop/Notebook misalnya dengan Ms. Office Power point. Padahal tak banyak pengaturan saat menggunakan proyektor ini, jika keadaan proyektor masih baik, hanya saja yang bisa digunakan saat memulai presentasi sebatas opsi pembagian layar (Screen Project), Pilihan menu ini dalam Sistem Operasi Windows bisa diakses dengan menekan tombol Win+P secara bersamaan, disanalah kita akan mendapatkan 4 opsi layar yang berbeda-beda, berikut ini kita akan j...

Transformasi 2 Dimensi (Komputer Grafik)

Konban-wa Minna๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Anindita Mooichido Aimashooooo๐Ÿ˜… Fiuhh, akhirnya yaa bisa posting lagi setelah sekian tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik gak nulis lagi๐Ÿ˜” #alay_maksimal_sumpah_wkwk Oyaa, postingan ini adalah postingan paling berfaedah yang pernah aku ketik lohh (kemarin2 gak faedah nin? faedahnya sedikit doang hahaaa), jadi tuh yaa ini bisa posting karena ada tugas kuliah komputer grafik. Buru2 beli paket buat blogging๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Okedeh, cuss aja aku mau tulis materi tentang: TRANSFORMASI 2 DIMENSI Grafika komputer merupakan bidang yang menarik minat banyak orang. Salah sub bagian dari grafika komputer adalah pemodelan objek (object modelling). Dalam pemodelan objek dua dimensi (2D), didapati berbagai objek dapat dimodelkan menurut kondisi tertentu, objek yang dimodelkan itu perlu dimodifikasi. Pemodifikasian objek ini dapat dilakukan dengan melakukan berbagai operasi fungsi atau operasi transformasi geometri. Transformasi ini dapat berupa transforma...

Pascal

Hei hei.. kenalin aku anindita , biasa dipanggil anin yaa.. okeh ini postingan pertama ku, di blog pertamaku juga ya hehe.. aku hobi nulis, jadi yaa sedikit bagibagi ilmu lewat sini aja. berhubung baru sempet buat blog jadi harap dimaklumi kalo ada yang masih kurang. Btw, berhubung aku juga kuliah di jurusan teknik informatika, aku mau sedikit kasih ilmu tentang materi "programer" yaitu PASCAL. mungkin ada yang bertanya-tanya tentang bahasa pemrograman yang satu ini ? atau ada yang cari referensi untuk nyelesain tugas sekolah atau kuliahnya wkwk . okedeh aku bantu yaa.. About "Pascal" Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang umumnya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma dan pemrograman. Pascal relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write, dan read. Pascal diambil dari nama ahli matematika prancis abad pertengahan, Blaise Pas...